Friday, August 30, 2019

Cara mengganti kabel stik PS 2


Stik ps 2



Selamat siang para sobat yang sedang membaca blog saya kali ini. Hari ini saya mau mengulas bagaimana cara mengganti kabel stik ps 2,sebenarnya mengganti kabel pada stik ps itu tidak begitu sulit asalkan kita menyukai terlebih dahulu apa yang kita lakukan/kerjakan. Seperti seringnya kita membongkar barang-barang elektro dan lain-lain.

Stik PS 2 biasanya konslet karena ada kabel yang putus disebabkan tertarik dengan keras atau menggulung yang terlalu kencang. Di hitung dari biaya servis untuk stik sendiri lumayan agak mahal dari 10.000 sampai 30.000 lebih untuk PS2.

Jika anda ingin mencoba-coba perbaiki stik PS sendiri alangkah baiknya mengikuti cara yang pernah saya alami agar tidak memakan waktu cukup lama.

1) Bongkar stik PS dengan obeng plus atau min,sesuaikan dengan ukurannya agar tidak terjadi patah pada lubang baut stik.
2) Cek kabel stik dengan multitester pada skala ohm untuk mengetahui dimana kabel yang putus,setelah di cek ada yang putus lalu tambahkan timah pada kabel stik yg menempel pada papan pcb,usahakan mengingat letak kabel yang berwarna tersebut, namun jika dirasa repot lebih baik d foto terlebih dahulu. Sebaiknya beli kabel ke toko reparasi ps dengan menyamakan warna pada setiap kabelnya.
3) setelah anda membeli kabel stik ps lalu anda kupas dengan pisau atau membakarnya dengan menggunakan korek agar serabut kabel kuningan terlihat lalu putar atau istilah sering di sebut orang jawa di plintir agar kabel lebih rapih,tambahkan timah pada kabel yang sudah diputar tadi menggunakan solder agar lebih kuat dan rapih
4) Ingat kembali letak kabel pada papan pcb agar tidak terjadi konslet. Saran saya ketika mencopot tambahkan timah pada papan pcb kabel stik untuk mempermudah melepasnya. Setelah kabel stik terpasang semua pada papan pcb. Cek stik anda ke ps agar tidak melakukan bongkar pasang yang menyebabkan menipisnya drat pada plastik stik ps. Setelah dianggap baik pasang kembali stik dengan mengencangkan setiap baut-baut yang ada pada stik.






No comments:

Post a Comment

Cara ganti lcd handphone

Cara mengganti lcd hp sebenarny tidaklah rumit,yang perlu di perhatikan ketika kita mengganti lcd hp adalah ketelitian dan sabar,serta banya...