Wednesday, August 28, 2019

perbaiki charger


Perbaiki adaptor charger

Charger handphone dan kabel


Selamat sore para pembaca blog berjumpa kembali dengan saya belajar reparasi elektro. Blog yang dibuat Ahmadieltro kali ini mengenai charger hp yang rusak atau matot. Charger atau biasa disebut casan sering kali kita butuhkan ketika baterai ponsel yang kalian punya berkurang,di ibaratkan seperti kita makan nasi yang tidak pernah ada bosannya. Oleh sebab itu saya akan memberikan pengalaman tentang cara memperbaikinya dan alat-alat apa saja yang kita butuhkan.
Multitester digital

Obeng min


Solder dan timah



penyedot timah



Diatas adalah alat-alat yang kita butuhkan untuk sarana memperbaiki charger,usahakan menggunakan solder yang cepat panas agar tidak merusak jalur kuningan pada papan PCB.


Tapi sebelum menjudge kalau charger atau casan yang kita punya rusak sebaiknya mengecek terlebih dahulu arus listrik AC (PLN) dan kabel data atau charger,jika di rasa semuanya baik berarti sudah jelas kasusnya adalah di bagian pcb dan komponen-komponennya. Lebih baik lagi kalian membongkarnya menggunakan obeng min.

Berikut langkah-langkah untuk memperbaiki charger 
=>  Bongkar charger menggunakan obeng min lalu ambil pcb kemudian kita cek secara fisik (bagian luar). jika dirasa semua baik kita lanjut ke bagian selanjutnya .

=> Cek komponen Menggunakan avo meter atau multitester.
Bagaimana cara mengecek komponen menggunakan multitester? Cara yang pertama yaitu dengan mengukur tegangan setiap komponen-komponen dan jalur yang ada pada pcb,biasanya jika komponen tidak gosong atau konslet karena sisa-sisa air,bisa juga karena karat atau korosi yang mengganggu arus pada kuningan papan PCB. Terkadang juga permasalahannya ada pada timah yang kurang tebal (sedikit longgar) karena terbanting dan lain-lain, cek juga bagian soket penjepit pcb pada charger.

 1) Cek kondensator/kapasitor


Kapasitor atau kondensator

Lepas setiap kondensator atau sering juga disebut dengan kapasitor dengan solder yang telah panas,setelah lepas komponen yang telah di solder lalu ukur menggunakan multitester.

Arahkan skala selektor ke ohm dengan skala X1K lalu hubungkan probe merah (positif) ke bagian positif kapasitor dan hubungkan probe hitam (negatif) ke bagian negatif kondensator lalu lihat jarum pada multitester jika jarum naik lalu kembali berarti kapasitor tersebut masih baik atau normal. Tetapi jika jarum tidak naik atau tidak kembali menandakan kapasitor tersebut rusak (kurang baik),solusi untuk kapasitor yang rusak adalah mengganti dengan nilai atau ukuran yang sama.

2) Cek dan ukur resistor/resistan
Resistor
 Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai penghambat atau pembagi muatan arus listrik yang berlebih.
Cek bagian positif dan negatif resistor menggunakan multitester pada selector ohm,jika tidak ada nilai ganti dengan nilai yang sama.





































No comments:

Post a Comment

Cara ganti lcd handphone

Cara mengganti lcd hp sebenarny tidaklah rumit,yang perlu di perhatikan ketika kita mengganti lcd hp adalah ketelitian dan sabar,serta banya...