Saturday, August 17, 2019

Perbaiki stik dengan mudah


CARA PERBAIKI STIK PS 2 YANG MENEKAN SENDIRI





 stik ps 2
 Apakah anda pernah mengalami stik ps yang menekan sendiri ketika sedang bermain god of war ataupun game yang lainnya.

Perasaan kesal sering kali terjadi ketika stik ps konslet atau short,ini adalah pengalaman saya ketika bermain game.

Di kondisi seperti ini biasanya kita ganti stik ps tersebut dengan stik yang lebih baik jika masih ada,namun alangkah baiknya jika anda memperbaiki stik yang konslet tersebut.

Jika tidak diperbaiki saat kondisi stik ps seperti itu biasanya akan berdampak pada hardisk yang menjadi blank karena corrupt data. Selain itu juga hardisk bisa terkunci atau disable. Dan resiko yang paling parah adalah terhapusnya semua game di hardisk.

Melihat ciri stik ps konslet atau menekan dengan sendri bisa di lihat ketika anda hendak bermain game. Biasanya ketika ps sudah menyala,gambar atau tampilan tidak masuk pada logo matriks ketika stik sudah di masukan sebelum playstation ditekan tombol power.

Gejala diatas biasanya terjadi karena jalur pcb kotor,resistor variable konslet dan kerusakan pada ic stik.

jika anda mengalami kondisi seperti diatas alangkah baiknya anda mengikuti cara saya.

1. Membersihkan kotoran pada pcb
Stik ps biasanya terjadi konslet atau menekan sendiri di karenakan sisa-sisa zat karbon yang menempel pada jalur pcb.

Pertama yang anda lakukan adalah bongkar stik ps menggunakan obeng plus satu persatu,lalu cek bagian pcb pada stik ps tersebut.

Jika ada zat karbon yang menempel pada pcb cobalah ambil minyak kayu putih atau cairan pembersih pcb  dengan menggunakan cotton bud atau sikat gigi yang tidak terpakai.
 pcb stik

Setelah sudah dibersihkan,cobalah memasukan stik pada slot  ps sebelum anda merakitnya.

Jika dirasa membaik,rakit kembali stick yang telah anda bersihkan dari sisa-sisa zat karbon yang menempel.

2. Mengganti analog 


Panasakan solder pada kaki-kaki analog yang menempel pada pcb,usahakan menambah dengan timah baru agar timah dengan mudah terangkat dan tidak merusak jalur pcb pada stik ps.


Disarankan untuk memakai mata solder yang cepat panas agar tidak merusak jalur pada pcb,karena mata solder yang kurang panas atau baik memakan banyak tenaga dan waktu.

Anda juga bisa mengganti potensionya saja,namun sangat sulit jika anda tidak punya stik bekas dari analog yang ingin anda perbaiki,karena  ditoko spare part ps biasanya tidak menjual potensionya saja kecuali dengan satu analog.
 analog stik

Jika kerusakan yang terjadi karena potensionya saja,anda bisa mengganti potensionya dengan stik yang matot atau bekas.














5 comments:

  1. Saya ga punya PS bang, biasanya nyewa. Pernah sih kyknya pas lg main tombol joysticknya mencet sendiri. Alhasil minta ganti stick.

    ReplyDelete
  2. bagus banget penjelasan tips nya, disertai gambar, tapi btw itu kamu salah ngasih judul ya, dimasukin ke nama blog bukan jadi judul artikel

    ReplyDelete

Cara ganti lcd handphone

Cara mengganti lcd hp sebenarny tidaklah rumit,yang perlu di perhatikan ketika kita mengganti lcd hp adalah ketelitian dan sabar,serta banya...